Profil Wayang Batara Guru

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Pada postingan ini, akan saya posting tentang tokoh wayang yang menguasai kahyangan. Tokoh wayang tersebut adalah Batara Guru.Batara Guru adalah sosok wayang yang terkenal sakti dan tampan dalam pewayangan. Berikut adalah profil dari wayang tersebut :


BATARA GURU (BATHARA GURUjw)
(sumber : google.com)



Nama Lain Sang Hyang Nilakanta, Hyang Caturbuja, Hyang Girinata, Hyang Hodipati, Hyang Jagadpratingkah, Hyang Dewa Batara, Hyang Suksma Tunggal, Hyang Suksma Kawelas, Hyang Guwenda, Hyang Sangkara, Hyang Purbawasesa, Hyang Manikmaya.
Nama Yang Menurunkan Hyang Tunggal
Nama istri Dewi Uma
Nama anak Batara :
  1. Indra
  2. Bayu
  3. Wisnu
  4. Brama
  5. Kala
  6. Sakra
  7. Mahadewa
  8. Asmara

Batara Guru dilahirkan berupa cahaya bersama – sama dengan Semar (Ismaya). Guru bercahaya putihberkilauan. Bersabdalah Hyang Tunggal bahwa Guru kelak akan menguasai alam, karena kesaktian dan ketampanannya. Setelah menerima sabda, ia merasa takabur, bangga dan merasa dirinya tidak cacat. Hyang Tunggal mengetahui kesombongan Guru, maka dikutuklah Guru sehingga mendapat cacat pada dirinya yaitu leher belang, kakinya lemah, mulutnya bertaring dan bertangan empat.

Batara Guru dalam cerita pedalangan sering mengganggu dunia dengan menyamar sebagai manusia. Ingin menghancurkan Semar dan Pandawa, hal ini selalu kalah dengan kebajikan, kejujuran, kebenaran, yang akhirnya Guru minta maaf dan kembali ke Kahyangan.

Demikianlah profil dari tokoh wayang Batara Guru. Semoga dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Profil Wayang Batara Guru Profil Wayang Batara Guru Reviewed by Admin24 on 17:44:00 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.