Profil Singkat Pahlawan Bangsa : Kopral Harun bin Said (Tohir)

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Salam sejahtera sahabat blogger. Kali ini saya akan posting tentang tokoh pahlawan, yaitu rekan dari Serda Usman. Langsung saja di baca .




KOPRAL HARUN BIN SAID. (TOHIR)

LAHIR                    :

Di Pulau Bawean, pada tanggal 14 April 1947

PENDIDIKAN      :
  1. Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).
  2. Dalam bulan Juni 1964 diterima sebagai anggota Korps Komando (sekarang Mariner) ALRI.
KEGIATAN           :
  1.   Sebagai anggota sukarelawan ditempatkan di Pulau Sambu Kepulauan Riau. Saat itu Pemerintah Indonesia menjalankan politik konfrontasi terhadap Pemerintah Malaysia termasuk Singapura.
  2.  Dalam bulan Maret 1965 mendapat tugas untuk memasuki Singapura bersama dengan Kopral KKO Usman dan Gani. Pada tanggal 8 Maret 1965 bertugas melakukan sabotase dalam kota Singapura. Pada tanggal 10 Maret 1965 rombongan itu berhasil meledakkan bangunan Mac Donald House yang terletak ditengah kota. Harun dan Usman berhasil mencapai pelabuhan Singapura, sedang Gani mencari jalan lain.  Mereka merampas sebuah motor boat untuk pulang kembali ke Pulau Sambu, tetapi ditengah jalan motor boat rusak. Tanggal 13 Maret 1965 Harun dan Usman ditangkap oleh patroli kapal musuh, mereka oleh Pengadilan Singapura dijatuhkan hukuman mati. Berbagai usaha dilakukan Pemerintah Indonesia untuk meminta pengampunan / keringanan hukuman tetapi tidak berhasil. Dengan tenang dan hati teguh, Harun menjalankan hukuman ditiang gantungan pada tanggal 17 Oktober 1968 di Penjara Changi Singapura.

WAFAT    :

                Ditiang gantungan Penjara Changi Singapura pada tanggal 17 Oktober 1968, jenazahnya dibawa ke Indonesia dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

PAHLAWAN PEMBELA KEMERDEKAAN.
Dengan Surat Keputusan Presiden R.I. No. 050/TK/Tahun 1968, tanggal 17 Oktober 1968.

Sekian dulu postingannya. Maaf bila ada salah tulis. Ditunggu komentarnya sahabat blogger.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Profil Singkat Pahlawan Bangsa : Kopral Harun bin Said (Tohir) Profil Singkat Pahlawan Bangsa : Kopral Harun bin Said (Tohir) Reviewed by Admin24 on 08:33:00 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.