Profil Wayang Prabu Kresna

Assalamu'alaikum Wr.Wb

        Di postingan bulan ini akan saya posting  profil singkat dari salah satu tokoh wayang yang dalam kisah pewayangan disebut sebagai titisan atau jelmaan dari Bathara Wisnu. Beliau adalah Prabu Kresna atau Sri Kresna yang dalam pewayangan dikisahkan  berpihak pada kubu Pandawa, saat perang Bharatayudha sebagai kusir kuda tunggangan Raden Arjuna .



PRABU KRESNA

(source : google.com)


Nama lain             : Prabu Harimurti, Narayana, Padmanada, Kesawa, Wasudewa, Wisnumurti, Guwenda, Danardana, Janardana

Kerajaan               : Dwarawati, nama lain Dwarawati = Dwaraka

Nama ayah           : Prabu Basudewa raja di Mandura

Nama ibu              : Dewi Rohini

Nama permaisuri :
  1.  Dewi Jembawati
  2.  Rukmini
  3. Dewi Setyaborna


Nama putra mahkota          : Raden Samba

Pusaka / Aji yang dimiliki   : Cakrabaskara, Sekar Wijayakusuma, Aji Balasrewu

            Ketika masih kecil – kecil putra mahkota yaitu Raden Kakrasana, Raden Narayana (Kresna), beserta Dewi Bratajaya dititipkan di Kademangan Widarakandan, diasuh oleh Demang Antyagopa dan istrinya Nyai Sagopi, karena jiwanya terancam oleh Raden Kangsadewa.
           Kangsadewa adalah putra Dewi Amerah dengan raja raksasa yang bernama Prabu Gorawangsa di Gowarga.
Dalam cerita Prabu Basudewa grogol (berburu), Prabu Gorawangsa menyamar sebagai Prabu Basudewa, dan menjalin asmara dengan Dewi Amerah, akhirnya lahir Raden Kangsa tersebut. Atas hasutan pamannya yang bernama Ditya Suratimantra, Raden Kangsadewa disarankan merebut tahta kerajaan Mandura dengan jalan megadakan ADU JAGO dengan harapan R. Kakrasana, R. Narayana, dan Dewi Bratajaya menyaksikannya. Disinilah kesempatan untuk membunuh kedua satriya yang dianggap sebagai penghalang dalam usaha merebut tahta kerajaan Mandura.
                Prabu Kresna adalah titisan (jelmaan) Bathara Wisnu, yang berkewajiban untuk menentramkan jagad raya, untuk membasmi angkara murka. Prabu kresna adalah penasehat para Pandawa.


Itu dia profil singkat dari tokoh wayang Prabu Kresna, semoga bermanfaat. Salam Blogger Indonesia.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Profil Wayang Prabu Kresna Profil Wayang Prabu Kresna Reviewed by Admin24 on 21:45:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.